• Program Studi Manajemen

    Program Studi Manajemen

    Dirancang untuk membekali para lulusan dengan seperangkat kemampuan dan keahlian bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan organisasi, serta kewirausahaan, sehingga memiliki kualifikasi untuk menempati beragam jenjang karier di bidang manajemen dan bisnis, baik di sektor swasta maupun sektor lainnya.

    Learn More
  • Lulusan

    Lulusan

    Menghasilkan Lulusan yang unggul dan mandiri serta Berintigritas dan Berakhlak Mulia yang dapat di serap di dunia industri kerja 

    Learn More

VISI – MISI PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Visi dan Misi - Program Studi Manajemen STIE Balikpapan

Visi

Program studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Balikpapan, menjadi unggulan pusat Pendidikan Tinggi ilmu manajemen yang berkontribusi di bidang bisnis di tingkat Balikpapan maupun tingkat nasional.

Misi

Misi PS Manajemen STIE Balikpapan adalah melakukan tugas-tugas pokok sebagai berikut:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi Manajemen berkualitas berbasis teknologi informatika dan informasi yang bersinergi dengan kewirausahaan.
  • Menghasilkan sarjana Manajemen yang berkualitas dan siap pakai di semua jenis usaha di Balikpapan dan tingkat nasional.
  • Menciptakan suasana akademik yang berkesinambungan dan mendukung kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai institusi baik pemerintah atau swasta.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai perwujudan bakti sosial.

Sambutan Ketua Program Studi

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Yang terhormat Bapak/Ibu para dosen, staf pengajar, dan seluruh civitas akademika,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkan saya sebagai Ketua Program Studi Manajemen untuk menyampaikan sambutan.

 

Akreditasi Baik Sekali

Program Studi Manajemen Terakreditasi oleh Badan Perguruan Tinggi Nasional dengan Predikat Baik sedkali

Akreditasi Institusi

Akreditasi Institusi STIE Balikpapan Sudah Terakreditasi Baik Sekali

Hybrid & Blended Learning

Program studi Membuka Kelas Blended Learning khusus kelas Pekerja 

Sasaran Tujuan

         Program Studi Manajemen STIE Balikpapan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, baik di tingkat nasional maupun global. Dengan tujuan umum untuk membentuk warganegara yang beriman, bertaqwa, dan berjiwa Pancasila, serta memiliki integritas kepribadian yang tinggi, program studi ini juga secara khusus berfokus pada pendidikan dan pelatihan yang berwawasan global, mempersiapkan tenaga profesional yang siap mengisi berbagai jabatan strategis, serta mampu beradaptasi dengan dinamika lingkungan bisnis global. Selain itu, program studi ini juga menekankan pentingnya penelitian dalam bidang ilmu ekonomika untuk mendukung pengembangan keilmuan dan kontribusi nyata terhadap masyarakat. Dengan demikian, lulusan Program Studi Manajemen STIE Balikpapan diharapkan menjadi pemimpin yang inovatif dan berintegritas, siap menghadapi tantangan dan perubahan di berbagai sektor.
  • Menyiapkan peserta didik menjadi warganegara yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah yang dihadapi masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan bidang keahliannya.

  • Tujuan Khusus

    • Mendidik calon Sarjana Manajemen yang berjiwa Pancasila.
    • Melaksanakan program pendidikan dan pelatihan bidang manajemen yang berwawasan global.
    • Mempersiapkan tenaga yang cakap, berbakat dan profesional, serta mempunyai tanggung jawab untuk memangku jabatan yang memerlukan pendidikan Ilmu manajemen.
    • Menghasilkan sarjana manajemen yang mampu beradaptasi dalam lingkungan bisnis global.
    • Menghasilkan sarjana manajemen yang dapat memangku jabatan dalam pemerintahan, BUMN/BUMD, dan swasta.
    • Melaksanakan penelitian di segala bidang ilmu ekonomika, khususnya bidang studi Manajemen.
0
Alumni
0
Mahasiswa

PROFIL LULUSAN

Tahapan Pengembangan Kurikulum dimulai dengan dibentuknya profil lulusan dalam program studi manajemen yang akan menjadi kerangka dalam membentuk capaian pembelajaran/Learning Outcame dalam suatu program studi. Profil lulusan merupakan suatu pernyataan tentang peran lulusan dari suatu program studi di masyarakat atau di lingkungan tempat bekerjanya, dan memiliki tujuan sebagai wujud akuntabilitas akademik prodi, gambaran perkembangan karir lulusan, atau dapat sebagai pembeda suatu prodi dengan prodi lainnya.


Loading...
  • Dirancang untuk membekali para lulusan dengan seperangkat kemampuan dan keahlian bidang keuangan, pemasaran, sumber daya manusia dan organisasi, serta kewirausahaan, sehingga memiliki kualifikasi untuk menempati beragam jenjang karier di bidang manajemen dan bisnis, baik di sektor swasta maupun sektor lainnya.

    Pilihan Karir

    Peluang karir yang tersedia bagi lulusan S1 Manajemen meliputi:

    1.     Bidang keuangan dan investasi, menempati posisi yang menangani analisis pasar, arus kas dan investasi, penganggaran dan pasar modal;

    2.     Bidang Perbankan, menempati posisi manajer perbankan, analis kredit, Account Officer dan funding Officer.

    3.     bidang pemasaran, berpeluang menduduki posisi yang menangani riset pemasaran, iklan dan promosi, perencanaan merek, sales dan distribusi dan sebagai konsultan pemasaran;

    4.     bidang SDM, tersedia posisi yang bertanggungjawab atas pengaturan rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, jenjang karir dan pengembangan karir hubungan dengan serikat pekerja dan sebagai konsultan SDM;

  • Karakteristik Proses Pembelajaran

    Karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat:

    1.     interaktif, yaitu mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen;

    2.     holistik, yaitu mendorong terbentuknya pola pikir yang komperhensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional;

    3.     integratif, yaitu proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antar disiplin dan multidisplin;

    4.     saintifik, yaitu mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan;

    5.     kontekstual, yaitu proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya;

    6.     tematik, yaitu disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendidikan trans-disiplin;

    7.     efektif, yaitu capaian pembelajaran diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum;

    8.     kolaboratif, yaitu melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; serta

    9.     berpusat pada mahasiswa, yaitu mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

  • Berdasarkan kompetensi lulusan yang telah ditetapkan sebagaimana diuraikan di atas, kemudian dirumuskan bidang kajian dan mata kuliah yang mendukung kompetensi tersebut.

    Mata kuliah yang telah dirumuskan kemudian diklasifikasikan sesuai kebutuhan dan kompetensi yang diinginkan. Kebutuhan yang terkait dengan penyusunan kurikulum adalah:

    1.     Kebutuhan Pemerintah sesuai Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi

    2.   Kebutuhan STIE Balikpapan sebagai institusi yang bertanggung jawab untuk menghasilkan lulusan sesuai visi-misi yang telah ditetapkan.

    3.  Kebutuhan masing-masing jurusan sebagai unit yang bertanggungjawab untuk menghasilkan lulusan sesuai kompetensi yang diinginkan.

    4. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor43/DIKTI/Kep/2006 tentang rambu-rambu pelaksanaan kelompok matakuliah pengembangan kepribadian di perguruan tinggi.

    Pencapaian kompetensi lulusan setiap prodi, perlu ditentukan kelompok bahan kajian. Dari bahan kajian itu kemudian dirumuskan nama mata kuliah sebagai materi kajian beserta bobot sks-nya yang siap diinteraksikan melalui proses pembelajaran. Mata kuliah-mata kuliah tersebut dikelompokkan menjadi mata kuliah MPK = Mata Kuliah Pengembangan Pribadi, MKK= Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan, MPB = Mata Kuliah Perilaku Berkarya, MBB = Mata Kuliah Berkehidupan Bersama, MKB = Mata Kuliah Keahlian Berkarya.